Monday, November 21, 2011

Pantai Sundak Yogyakarta


Pantai yang secara administratif terletak di wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini, merupakan salah satu pantai terbersih dan berpasir putih di Yogyakarta. Selain itu ombak Pantai Sundak tidak terlalu besar sehingga bisa juga sekedar berenang atau bermain air. Namun seperti kebanyakan pantai di pesisir selatan pulau Jawa, pada bibir pantai terdapat hamparan batu karang kecil. Dari pinggir pantai, teman-teman mencoba untuk berjalan dari bibir pantai ke tengah laut yang relatif dangkal hingga sejauh 30 meter. Di sana, terdapat batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil.


Bila melihat sekelilingnya, akan tampak beberapa bukit batu karang dan batu kapur di utara pantai dengan tinggi sekitar 12 meter. Bukit-bukit ini melatari pantai dan menambah keelokan pesona alam kawasan Pantai Sundak. Di dalam salah satu bukit batu karang tersebut terdapat gua, yang di dalamnya ada sumur air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

Perjalanan ditempuh sekitar 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta. Dari Yogyakarta menuju ibu kota Kabupaten Gunungkidul, Wonosari, banyak angkutan umum yang berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta menuju Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung Kidul. Kemudian bisa melanjutkan dengan angkutan umum menuju pantai. Namun, disarankan agar menggunakan kendaraan pribadi, ataupun menyewa mobil atau motor. Hal ini dikarenakan, selama perjalanan menuju pantai, teman-teman dapat menyaksikan pemandangan bukit-bukit kapur yang membentengi pesisir pantai. Hal tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri.


Seperti halnya pantai-pantai lain di pesisir selatan Yogyakarta, Pantai Sundak juga kaya akan hasil lautnya. Yang paling khas adalah lobster lautnya. Berukuran kecil namun tetap menggugah selera. Di sepanjang pinggir pantai, terdapat kedai-kedai untuk makan bagi para wisatawan. Warung-warung kecil yang berjajar di tepi pantai ini menawarkan masakan hasil laut nelayan setempat kepada pengunjung. Selain itu, kawasan ini juga menyediakan fasilitas lain, seperti kamar mandi dan mushola. Bahkan juga ada losmen atau penginapan kecil dengan tarif yang relatif murah.


Pantai Sundak berada dalam satu area dengan sebagian obyek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. Jadi, wisatawan yang ingin mencari suasana pantai yang berbeda dapat beranjak menuju lokasi lainnya. Beberapa pantai lain yang letaknya berdekatan dengan Pantai Sundak ialah Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Drini, dan Pantai Sepanjang. Dan semuanya bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki. Jadi, tidak bakal menyesal bila berkunjung ke sana.

No comments:

Post a Comment