Wednesday, October 12, 2011

PANTAI WEDIOMBO (WEDIOMBO BEACH), Memandangi Sunset Ditemani Hamparan Pasir Putih...


Terletak kurang lebih 30 km ke arah selatan kota Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Daerah Tingkat II Gunungkidul. Asal kata Wediombo dari bahasa jawa yang artinya wedi : pasir dab ombo : luas, dan bila di satukan menjadi pantai yang pasirnya luas. Itu memang benar, pasir putih yang membentuk teluk dan membentang dari ujung selatan ke utara dan menghadap ke barat sangat luas.


















Dari pantai Wediombo kita akan dimanjakan pemandangan-pemandangan yang elok nan indah. Di sana kita akan dimanjakan dengan susunan batu karang yang indah, tempat bersembunyinya ikan-ikan penghuni tepian pantai Wediombo.














Pada sore harinya mata kita akan di fokuskan pada peristiwa alam dimana sang Matahari kembali ke peraduannya. Dari tepian pantai Wediombo yang kebetulan menghadap ke arah barat, jadi kita akan bisa leluasa menyaksikan peristiwa indah ciptaan Allah SWT.




















Di jarak sekitar 200m dari bibir pantai ada sepasang batu yang disebut dengan BATU NGANTEN. Konon cerita masyarakat batu itu selalu tampak sama walau pantai dalam keadaan pasang atau surut. Jadi seolah-olah batu itu mengapung di laut tetapi tidak berpindah.
Panorama yang lain yang dijanjikan ketika wisatawan akan mengunjungi pantai Wediombo tidak hanya pantai yang indah, tetapi juga kita dapat berselancar di sini. Tidak seperti halnya pantai selatan di Pulau Jawa lainnya, pantai Wediombo mempunyai ombak besar yang sangat cocok untuk berselancar (surfing), sehingga akan menambah pengalaman berselancar anda yang tak terlupakan.













Kawasan pantai Wediombo di kelilingi oleh pegunungan karst dengan ditumbuhi oleh banyak sekali vegetasi tumbuhan keras. Lahan pertanian cukup luas didaerah ini karena memang sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Adanya pegunungan karst mengakibatkan terbentuknya beberapa gua-gua dan beberapa sungai bawah tanah yang merupakan karakteristik khas topografi karst. 
Anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke Pantai Wediombo ini karena di pinggiran pantai berdiri fasilitas yang lengkap seperti lahan parkir yang luas, toilet yang memadai serta untuk memanjakan lidah disini telah dibangun warung-warung yang menjajakan aneka macam makanan, mulai dari makanan khas desa Jepitu, dan makanan jajanan warung pada umumnya.

No comments:

Post a Comment