Wednesday, December 14, 2011

Soal OSN Fisika SMA 2008 & Solusi


Selamat pagi teman-teman, pada pagi yang cerah ini saya mau bagi-bagi soal OSN Fisika SMA tahun 2008 kemaren tentunya dengan solusinya, bagi yang berminat silahkan langsung di unduh aja lewat link di bawah.

review soal :

1. (nilai 20) Perhatian sistem di samping.                                                                    
Sebuah silinder dengan jari-jari R dan massa m
(momen inersia I = ½mR) diletakkan di atas sebuah bidang miring dengan kemiringan θ. Lantai sangat kasar, sehingga silinder tidak dapat slip. Benang dililitkan (digulung) pada permukaan silinder sehingga jika silinder bergerak naik maka benang bertambah panjang dan sebaliknya jika silinder bergerak turun maka benang menjadi pendek. Pada sisi lain benang terhubung seutas karet dengan konstanta pegas k (garis vertikal yang tercetak tebal pada gambar di samping).  Anggap katrol licin.
a) Mula-mula silinder ditahan sedemikian sehingga karet masih kendur. Panjang mula mula karet adalah L
. Berapakah pertambahan panjang karet (ΔL), jika silinder dilepas secara perlahan dan dibiarkan berada pada kesetimbangan statis (silinder m tidak bergerak)? (nilai 5)
b) Berapakah koefisien gesek minimum µ, agar silinder tidak terpeleset turun? (nilai 4)

c) Selanjutnya silinder pada keadaan (a) ditarik sedikit ke bawah lalu dilepas sehingga silinder  mengalami gerak osilasi. Anggap silinder tidak slip dan benang selalu tegang, hitung periode osilasi sistem!. (nilai 7)
d) Berapakah simpangan maksimum pusat massa silinder agar benang masih bisa selalu tegang? (nilai 4)

Soal OSN Fisika SMA 2008 & Solusi Download

No comments:

Post a Comment